Minggu, 04 Juli 2010

Type of Journey

Ada beberapa tipe perjalanan yang digunakan untuk menentukan tipe tarif yang dipakai sebagai perhitungan harga tiket :
  • Oneway trip : perjalanan satu arah dari satu kota ke kota tujuan baik langsung maupun melalui kota lain. Tarif yang dipakai adalah tarif oneway yang fare basisnya ditulis OW atau OX. Contohnya : Denpasar - Jakarta atau Jakarta - Denpasar - Makassar.
  • Round trip : perjalanan dari satu kota ke kota lainnya dan kembali lagi ke kota awal keberangkatan yang mana tarif pergi dan pulang nilainya sama. Perhitungan tarif menggunakan tarif round trip/return trip yang fare basisnya ditandai dengan kode RT. Contohnya : Surabaya - Denpasar Surabaya atau Mataram - Denpasar - Jakarta - Denpasar - Mataram.
  • Circle trip : perjalanan dari satu kota ke beberapa kota lain dan kembali ke kota awal. Perhitungan tarif menggunakan setengah tarif round trip/return trip untuk tiap-tiap rute. Contohnya : Jakarta - Surabaya - Denpasar - Makassar - Jakarta.
  • Open jaw : perjalanan dari satu kota ke kota lain yang di dalamnya diselingi dengan transportasi lain kemudian kembali ke kota awal keberangkatan. Perjalanan ini berlaku untuk rute pernerbangan internasional yang melibatkan beberapa negara. Perhitungan tarifnya menggunakan setengah RT, untuk perjalanan yang melibatkan dua negara; untuk perjalanan yang melibatkan lebih dari dua negara menggunakan tarif OW. Contohnya : Jakarta - Sydney // Melbourne - Denpasar = tarif setengah RT; Denpasar - Singapura // Bangkok - Denpasar = tarif OW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar